19 April 2010

The Reason is Donnie Yen

Adakah Donnie Yen dalam ingatan masa lalu Anda, seperti ketika kita menyebutkan nama Jet Li atau Jackie Chang, dua jagoan dalam kisah-kisah film mandarin? Saya tidak. Mungkin waktu kecil saya pernah melihatnya dalam Once Upon a Time in China II, di mana dia adu bela diri melawan Jet Li yang nauzubilah kerennya saat itu. Tapi saya baru ngeh kemarin,saat saya menyaksikan potongan adegan pertarungan itu di Youtube.

serial yang terkenal itu tapi tidak pernah saya nonton *sigh*

Well, I'm not kinda chinese movies freak. Tapi, dalam kurun sebulan ini, saya sudah menyelesaikan lima film yang dibintangi aktor kelahiran Kanton ini: Ip Man, The Founding of A Republic, Bodyguards and Assassins, Hero, dan yang teranyar, 14 Blades. Tersirat sedikit keluhan, bisa-bisanya aktor ini luput dari pengalaman inderawi saya di masa kecil, tidak seperti dua nama populer lainnya yang saya sebutkan di atas.

where else can you find this kind of sight?

Donnie punya pembawaan karakter yang sangat khas hampir di tiap filmnya. Sulit menemukan lekukan-lekukan ekspresi serupa di wajah aktor lain. Soal Martial Art-nya? Sudah, jangan ditanyakan lagi. Successfully, he makes both Jackie and Jet Li look ridiculous. He's a truly martial artist. Mungkin tidak berlebihan jika saya mengatakan Donnie adalah alasan saya beralih, kembali menyaksikan film-film mandarin dan perlahan mengurangi asupan film-film Hollywood dan Eropa, hehehe...

looking forward to it, worth 'give a try'!

Sekarang saya tidak sabar menantikan Ip Man 2, bagian kedua dari trilogi semi-biografi Ye Wen, yang lebih dikenal sebagai guru dari Bruce Lee. Rencananya film ini akan tayang perdana di Cina pada 29 April ini. Semoga saja Cinema 21 di Makassar mau memutar filmnya, please yaaa...

3 comments:

non inge said...

Ip Man emang keren ^^

darmawati alimuddin said...

hmmm..kalo diputar di cinema 21 makassar..jangan lupa ajakka juga nah...:-)

Emma said...

@inge: semangat untuk ip man 2 ^^

@darma: pasti sayang, tunggu tanggal mainnya :P